Rabu, November 25

Jemaah Haji Indonesia Tidak Berkurang

Enter a description of the photo here



Sekitar 3 juta jemaah haji dari segala penjuru dunia membanjiri Arab Saudi untuk menunaikan ibadah. Sebagai tuan rumah, Arab Saudi dihadapkan tantangan cukup besar.

Tantangan yang dihadapi Arab Saudi adalah melacak, memantau dan mencegah Flu H1N1 di antara para jemaah.

Jemaah Haji dari Indonesia juga sudah melakukan persiapan menghadapi keadaan tersebut sebelum diberangkatkan. Berikut penjelasan Nasrullah dari Bagian Informasi KBRI di Jeddah kepada Radio Nederland Wereldomroep tentang hal tersebut.

Empat juta suntikan
Nasrullah: "Situasi di Mekkah pada saat ini, kalau boleh saya katakan mulai dari tanggal 1 Zulhijah atau tangga 18 November yang lalu, itu sudah mulai bekumpul. Jadi konsentrasi sekarang, dari Medinah dan Jeddah itu sebelum mulai datang secara bertahap ke Mekkah. Di mana pada tanggal 2 Zulhijah bahwa seluruh yang akan hadir sudah dikatakan sudah ada di kota suci Mekkah."

"Jemaah haji Indonesia yang jumlahnya sekitar 210.000, biasanya sekitar 192.000 jemah haji. Pada saat ini mereka sudah berada di Mekkah. Berkaitan dengan yang teakhir ini, tentang flu babi itu, yang dikenal dengan H1N1 itu, memang termasuk Arab Saudi, sudah dari awal mengantisipasi penyakit ini, tentang wabah flu ini."

"Kementerian Kesehatan Arab Saudi sudah menyiapkan sekitar 4 juta suntikan anti-virus itu. Di mana setiap titik-titik padat, ataupun di rumah-sakit, ada di sekitar kota Mekkah. Itu mereka menyiapkan semacam posko untuk memberikan suntikan secara gratis kepada seluruh jemaah yang ada."

Radio Nederland Wereldomroep [RNW]: "Suntikan vaksinasi, maksud bapak?"

Nasrullah: "Ya benar, vaksinasi. Tetapi itupun jemaah haji kita sudah sejak awal, saya dengar juga, kita sudah juga menyiapkan, di samping vaksinasi termasuk yang flu babi ini. Bagi yang belum, pemerintah Arab Saudi sudah mempersiapkan vaksinasi itu dengan cuma-cuma."

RNW: "Yang dari Indonesia itu pak ya, apakah vaksinasi itu tidak bisa diberikan di Jakarta, sebelum mereka bertolak ke Arab Saudi?"

Sudah divaksinasi
Nasrullah: "O ya, kalau jemaah Haji kita sudah selesai dari sana. Yang saya dengar dua minggu sebelum diberangkatkan ke sini, kan itu bertahap, masing-masing kelompok terbang itu, sudah divaksinasi dua minggu sebelum keberangkatannya ke Arab Saudi. Mengenai flu babinya ini, saya kira juga bertahap."

"Jadi ada sosialisasi yang cukup andal, cukup bagus, saya kira. Jadi mereka sudah mengetahui itu, dan mereka sudah siap."

RNW: "Jadi persiapan dari pemerintah Arab Saudi sendiri sudah cukup bagus ya pak?"

Nasrullah: "Ya, kita yang utama sebagai tuan rumah, Saudi sudah siap."

Wawancara lengkap dapat diikuti dengan mengklik tanda di bawah ini:

0 komentar:

Catat Ulasan

Share |

Buku Cerita Bawean