Rabu, Oktober 21


Petani Temukan Granat Nanas Aktif Sisa PD II

Rabu, 21 Oktober 2009 10:48:06 WIB
Reporter : Harisandi Savari

Pamekasan (beritajatim.com) - Meski telah beberapa puluh tahun lamanya, sisa-sisa granat peninggalan Perang Dunia ke-II masih saja ada. Buktinya, seorang petani di Dusun Maddis Desa Pamaroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan tanpa sengaja menemukan granat jenis nanas.

Granat nanas dengan berat hampir 1 kilogram itu ditemukan Suebi (52) saat mencangkul sawahnya. Saat itu, cangkul Suebi mengenai granat hingga muncul bunyi yang keras.

Dengan panjang 10 cm dan lebar 6 cm, Suebi akhirnya melaporkan peristiwa itu ke ketua RT 03/RW 02 Maddis. Dan, bersama warga lainnya, granat jenis nanas itu diberikan ke Polres Pamekasan.

Tak heran jika granat ini langsung diamankan petugas Polres Pamekasan untuk dijinakkan. Karena, granat tersebut masih dalam keadaan aktif.

Kasarintelkan Polres Pamekasan, AKP Kuswartono mengatakan, granat jenis nanas tersebut diprediksi sudah ada pada jaman belanda.

"Kami akan menyerahkan granat ini pada brimob untuk dimusnahkan," katanya, Rabu (21/10/2009). Dijelaskan, di Dusun Maddis sendiri, warga memang kerap menemukan selongsong peluru yang sudah karat. [san/kun]

0 komentar:

Catat Ulasan

Share |

Buku Cerita Bawean